Pembelajaran adalah
proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu
lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar
dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan
tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Pembelajaran
adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang
berisi serangkaian peristiwa yang dirancang, disusun sedemikian rupa untuk
mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat
internal.
Bidang
studi kimia seharusnya merupakan pelajaran yang menyenangkan dan menarik minat siswa
karena aplikasinya berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari, tetapi
yang diharapkan umumnya berbeda dengan kenyataan yang ada, karena pada umumnya
siswa kurang berminat dengan kimia sehingga hasil pembelajaran kimia di sekolah
kurang maksimal. Untuk mengatasi permasalahan pembelajaran kimia,
khususnya yang berkaitan langsung dengan siswa sebagai pembelajar di lingkungan
pendidikan, diperlukan pengembangan dalam sistem pendekatan, model, maupun
media pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar kimia siswa.
Media
pembelajaran sebagai salah satu keharusan dalam proses pembelajaran, demi
mewujudkan pembelajaran yang mampu menjangkau strategi pembangunan pendidikan
nasional tetapi juga menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif,
menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisi aktif, dan
kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologi
peserta didik. Pembelajaran berbasis komputer adalah pembelajaran yang
menggunakan komputer sebagai alat bantu.
Komputer
digunakan sebagai perangkat sistem pembelajaran bahkan sistem pembelajaran
dilaksanakan secara individu (Individual Learning) dan menerapkan prinsip
belajar tuntas. Media komputer merupakan media yang menarik, atraktif, dan
interaktif. Pembelajaran melalui media komputer memberikan bekal kepada peserta
didik dengan berbagai karakter yang menjadi kekuatan dan kelemahan suatu media.
Strategi pembelajaran
berbasis komputer penekanannya terletak pada upaya yang berkesinambungan untuk
memaksimalkan aktivitas belajar dan mengajar sebagai interaksi kognitif antara
siswa, materi pelajaran, dan instruktur dalam hal ini komputer yang telah
diprogram. Pembelajaran berbasis komputer merupakan program
pembelajaran dengan menggunakan software berupa program komputer yang berisi
bahan-bahan pembelajaran meliputi judul, tujuan, materi pembelajaran, evaluasi
pembelajaran dan lain-lain sehingga mudah dipelajari dan dipahami siswa.
Dalam belajar kimia
siswa akan menjumpai ide-ide atau konsep-konsep yang tersusun secara hirarki
dan berkesinambungan. Keterbatasan guru dalam penggunaan media adalah salah
satu penyebab sulitnya siswa dalam memahami konsep-konsep kimia. Dengan
pemilihan strategi pembelajaran kimia berbasis komputer dengan media yang tepat
yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa maka akan dapat membantu siswa tersebut
dalam memahami konsep-konsep kimia. Media pembelajaran dikembangkan berdasarkan
silabus dan tujuan pembelajaran.
0 komentar:
Posting Komentar