Rabu, 12 April 2017

STRATEGI PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS KOMPUTER



Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Pembelajaran adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang, disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal.
Bidang studi kimia seharusnya merupakan pelajaran yang menyenangkan dan menarik minat siswa karena aplikasinya berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari, tetapi yang diharapkan umumnya berbeda dengan kenyataan yang ada, karena pada umumnya siswa kurang berminat dengan kimia sehingga hasil pembelajaran kimia di sekolah kurang maksimal. Untuk mengatasi permasalahan pembelajaran kimia, khususnya yang berkaitan langsung dengan siswa sebagai pembelajar di lingkungan pendidikan, diperlukan pengembangan dalam sistem pendekatan, model, maupun media pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar kimia siswa.
                Media pembelajaran sebagai salah satu keharusan dalam proses pembelajaran, demi mewujudkan pembelajaran yang mampu menjangkau strategi pembangunan pendidikan nasional tetapi juga menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisi aktif, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologi peserta didik. Pembelajaran berbasis komputer adalah pembelajaran yang menggunakan komputer sebagai alat bantu.
Komputer digunakan sebagai perangkat sistem pembelajaran bahkan sistem pembelajaran dilaksanakan secara individu (Individual Learning) dan menerapkan prinsip belajar tuntas. Media komputer merupakan media yang menarik, atraktif, dan interaktif. Pembelajaran melalui media komputer memberikan bekal kepada peserta didik dengan berbagai karakter yang menjadi kekuatan dan kelemahan suatu media.
Strategi pembelajaran berbasis komputer penekanannya terletak pada upaya yang berkesinambungan untuk memaksimalkan aktivitas belajar dan mengajar sebagai interaksi kognitif antara siswa, materi pelajaran, dan instruktur dalam hal ini komputer yang telah diprogram. Pembelajaran berbasis komputer merupakan program pembelajaran dengan menggunakan software berupa program komputer yang berisi bahan-bahan pembelajaran meliputi judul, tujuan, materi pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan lain-lain sehingga mudah dipelajari dan dipahami siswa.
Dalam belajar kimia siswa akan menjumpai ide-ide atau konsep-konsep yang tersusun secara hirarki dan berkesinambungan. Keterbatasan guru dalam penggunaan media adalah salah satu penyebab sulitnya siswa dalam memahami konsep-konsep kimia. Dengan pemilihan strategi pembelajaran kimia berbasis komputer dengan media yang tepat yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa maka akan dapat membantu siswa tersebut dalam memahami konsep-konsep kimia. Media pembelajaran dikembangkan berdasarkan silabus dan tujuan pembelajaran.

0 komentar:

Posting Komentar